Breaking News

Bisnis Bikin Pusing, Begini Cara Mengatasi



 Konsep ideal bisnis itu sebenarnya adalah aktivitas yang menyenangkan. Jadi kalau kita bisnis lalu dibikin pusing oleh bisnis itu artinya ada yang salah dengan konsep bisnisnya. Itu yang dikatakan Motivator Reza M Syarief ketika memberikan motivasi bisnis kepada para siswa di Kota Serang sebelum ada pandemi Covid-19.

Apa yang dikatakan Reza nyambung dengan narasi bahwa bisnis itu sebaiknya sesuatu yang kita sukai atau menjadi hobi. Supaya apa? Supaya kita bisa menikmati prosesnya sehingga tidak dibuat stres oleh bisnis tersebut.

Jadi mulai sekarang sebaiknya kita berfikir agar hobi kita bisa menjadi bisnis. Sudah banyak contohnya kok! Ada yang hobi menulis mereka membuka kelas menulis dan dari situ menghasilkan uang.

Ada yang hobi masak mereka bikin usaha kuliner atau catering. Ada pula hobi menari mereka membuka sanggar tari dan masih banyak lagi aktivitas hobi lali dicreate menjadi bisnis.

Caranya Bagaimana Hobi Jadi Bisnis

Dalami betul betul hobi Anda agar menguasai dari hulu sampai hilir sehingga Anda benar - benar ahli dibidang itu. Jangan setengah - setengah karena nanti juga hasilnya setengah. 

Kedua, mulailah merancang bisnis dari hobi, mulai dari konsepnya, marketingnya, branding-nya sampai biaya atau harga jual sehingga kita mendapatkan keuntungan. Ingat ya ini bisnis bukan yayasan sosial.

Ketiga, tawarkan ke teman terdekat dengan cara tidak vulgar menjual tapi akan lebih bagus menggunakan soft selling sehingga Anda tidak terkesan jualan banget. Lalu muncul pertanyaan, bukankah mau jualan mengapa harus menyembunyikan kesan jualannya.

Begini, dalam menjual barang dan jasa kita harus mengerti target market yang dibidik dan kuasai produknya. Adapun soal sebagian orang yang menilai guru sekolah sekarang malas - malas padahal duitnya mengalir deras.****





Type and hit Enter to search

Close